Juni-Juli 47.237 Wisatawan Berkunjung ke Kab Pasuruan

0
9
Wisatawan

BANGIL –Pandemi Covid-19 cukup memukul sektor pariwisata di Kabupaten Pasuruan. Kunjungan wisatawan jauh menurun.

Meski saat ini sejumlah tempat wisata mulai kembali buka untuk uji coba usai “mati suri” saat awal pandemi, namun tetap saja kunjungan wisatawan masih terbatas. Kondisi itu pun jadi perhatian Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) setempat.

“Tidak bisa dipungkiri bahwa imbas wabah Covid-19 membuat kunjungan wisata anjlok. Bahkan, kendati sudah dibuka pun, masih dilaksanakan terbatas,” terang Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Gunawan Wicaksono.

Dari data yang dihimpun, pada awal tahun lalu, Disparbud menargetkan ada kunjungan wisatawan sebanyak 2,7 juta wisatawan. Namun setelah Maret, saat mulai pandemi, kunjungan wisatawan nihil, lantaran semua tempat wisata tutup.

Pada Januari sampai Maret 2020 lalu, kunjungan wisatawan masih tercatat 615.676 wisatawan. Sementara Maret – Juni nihil karena belum ada tempat wisata yang dibuka imbas wabah korona.

“Setelah pertengahan Juni sampai saat ini (awal Agustus), sudah ada beberapa tempat wisata yang tahap uji coba. Itupun juga tetap ada pembatasan jumlah wisatawan yang datang,” terangnya.

Dari 13 tempat wisata yang sudah tahap uji coba. Gunawan mengatakan, kunjungan wisata dari pertengahan Juni sampai Juli lalu tercatat 47.237 orang. Jumlah ini memang tergolong kecil, karena tempat wisata memang hanya boleh menerima kunjungan dibawah 50 persen agar tidak ada kerumunan.

Melihat kondisi itu, Disparbud mengevaluasi bahwa target 2,7 juta wisatawan tahun ini mustahil tercapai. “Apalagi, saat ini masih uji coba dan tempat wisata yang uji coba juga masih bisa dihitung dengan jari. Yang uji cobapun juga membatasi jumlah wisatawan yang datang,” terang Gunawan.

Sehingga, Disparbud memang berencana mengevaluasi target wisatawan. “Mungkin kalau 40 persen atau 1 juta wisatawan masih mungkin bisa tercapai. Namun, tetap kami melihat situasi terkait wabah korona sampai akhir tahun ini,” ujarnya.

Sumber : Radar Bromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here