Polres Target Pasang Seribu CCTV di Kab Pasuruan

0
21
Polres Target Pasang Seribu CCTV di Kab Pasuruan

BANGIL – Jalanan kerap menjadi tempat bagi pelaku kejahatan dalam melancarkan aksinya. Upaya dalam menekan tindak kejahatan jalanan, akan sulit dilakukan jika hanya mengandalkan personel kepolisian yang jumlahnya terbatas.

Untuk itulah, Polres Pasuruan berencana untuk memasang seribu mata di jalanan. Seribu mata ini dimaksudkan, untuk meningkatkan pengawasan. Sehingga meminimalisir angka kejahatan.

Kapolres Pasuruan, AKBP Rofiq Ripto Himawan mengungkapkan, beberapa kasus kejahatan jalanan terjadi di wilayah hukum Polres Pasuruan. Bukan hanya tindak begal, tetapi juga penjambretan ataupun penculikan.

Pengawasan pihak kepolisian dalam tindak kejahatan jalanan, memang terkendala dengan minimnya jumlah personel. “Makanya, kami rencanakan untuk memasang seribu mata yakni dengan pemasangan CCTV (Closed Circuit Television) di jalanan,” kata perwira polisi dengan dua melati di pundaknya itu.

Menurut Kapolres, pemasangan banyak CCTV tentunya penting dalam upaya mencegah kejahatan. Di samping juga, mempermudah pihak kepolisian dalam penanganan perkara kejahatan jalanan. “Karena ketika kejahatan terjadi, akan dengan mudah terpantau CCTV,” ungkapnya.

Ia menilai, jumlah CCTV yang terpasang saat ini, masih terbatas. Hanya sekitar 17 titik di wilayah hukum Polres Pasuruan. Sehingga, masih menjadi pekerjaan rumah yang besar, untuk mengupayakannya.

Untuk memperbanyak CCTV dijalanan, pihaknya memang tidak bisa sendirian. Perlu adanya dukungan dengan banyak pihak. Selain Pemkab dalam hal ini adalah Dishub Kabupaten Pasuruan, juga dari pihak-pihak swasta, seperti perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Pasuruan.

“Kami ingin bisa terwujud tahun ini. Makanya kami akan gandeng perusahaan-perusahaan. Kami bisa koneksikan cctv-cctv yang ada, dengan command centre di Mapolres Pasuruan,” bebernya.

Sumber : Radar Bromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here